PENGALAMAN DAN TIPS LOLOS SIMAK UI



#KitaMuda #KitaBisa #KitaUI!
#BersatuMenguniversal #BersatuMengkolaborasi!


          

Haduhh.. dari hastagnya aja udah keren banget nih. #KitaUI! Yap, #KitaUI adalah hastag pada masa Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) UI tahun 2014. Siapa sih yang nggak kenal kampus dengan segala pernak-perniknya yang serba kuning? Bus kuning, sepeda kuning, jaket kuning. Hayooo, kalo kalian udah nyari dan nemu artikel ini, berarti kalian pengen jadi keluarga yang punya semboyan "We are the yellow jacket" benar kan? hehe. Tak dapat dipungkiri, saat ini UI masih menjadi salah satu universitas pilihan di Indonesia! 
           
            Gue adalah salah satu dari 6000-an orang yang berhasil lolos dari persaingan sengit Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI). Tadinya gue itu pesimis banget loh. Ah apa iya sih gue bisa? Gue kan dari SMK, lagian gue juga ngga pernah ikut bimbel intensif dll tuh, katanya soal-soal SIMAK itu soal tingkat dewa.. (Dewa 19 kali ahh hehehe) palingan juga nggak lolos. Nah itu dia segelentir pertanyaan-pertanyaan yang sering berkecambuk di otak gue. 

Rasanya gimana yaa.. yahh kalian pasti taulah yaa. Emang dari sebelum-sebelumnya gue tuh nggak ada niat sama sekali pengen ikut ujian itu, karena gue pernah sakit hati dan putus asa dan juga kecewa *duh lebay* ditolak sama U*M, kampus yang di Jogja itu. Gue juga nggak ikut SNMPTN dan SBMPTN. Soalnya, waktu itu di sekolah gue minim banget informasi tentang dua jalur seleksi itu. Yaa, maklum lah ya, namanya juga SMK disiapkan langsung untuk kerja di lapangan, nggak kaya SMA yang disiapkan buat melanjutkan pendidikan lagi, huft.


Jadi ceritanya waktu itu gue ikut PBU (Penelusuran Bibit Unggul). PBU itu kaya jalur undangan gitu tapi buat jenjang D3. Biar gue ceritain ya, perjuangannya tuh beraaaaaaaattttttt banget. Dari nggak bisa registrasi buat daftar padahal udah bayar, lima kali bolak-balik bank untuk komplen karena PIN yang dikasih nggak bisa buat registrasi, nungguin surat penghasilan dari Bapak gue yang kelamaan, dan banyaaaaakk lagi lainnya

Tiba-tiba waktunya hari pengumuman deh tuh. Nggak sabar kan pengen liat, tapi gue takut, takut nggak lolos. Jantung deg-degan, tangan dingin, kaki gemeteran, eh pas dibuka beneran gue dapet kata "MAAF", hiks. Udah tuh dari situ gue nggak tau ke mana lagi gue harus melangkah. Gue males ikut ujian mandiri soalnya kemampuan IPA & IPS yang dipelajarin anak SMK tuh cuma pengetahuan secara umumnya doang nggak kaya anak SMA.

Akhirnya gue mulai cari info kesana-sini tentang Perguruan Tinggi Swasta (PTS). udah pasrah banget deh tuh. Kayaknya gue harus di swasta nih, begitu pikir gue. Yah yaudah lah orang sukses nggak harus berasal dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Setelah gue dapet banyak banget brosur dari PTS dan udah ke kampusnya juga, entah kenapa Bapak gue tiba-tiba nyuruh gue ikut SIMAK UI (SIMAK UI? Bapak pede bgt kaya bakal lolos aja? Kenapa ngga yang lain? Kenapa harus UI? Mungkin karena sodara-sodara dari Bapak gue kebanyakan di UI kali ya? Yaa bisa jadi). 

Oh iya, For your information, guys. Waktu itu, Bapak gue nyuruhnya sambil maksa. Udah tau anaknya abis ditolak U*M, bukannya dibujuk dulu pelan-pelan, eh malah langsung dipaksa -__-. Gue bilang kan ke Ibu gue, terus malah begini "udah ikutin aja biar Bapakmu lega, siapa tau jalanmu disitu". Tak ada harapan untuk mengelak lagi, Bung!

 Yaudah oke H-30 gue daftar SIMAK deh, gue ambil rumpun soshum (sosial humaniora/IPS) buat materi ujian karena gue lumayan suka IPS dan IPS itu pelajaran yang mudah dimengerti (kecuali ekonomi dan geografi ya, wkwk). Karena mau ujian, mau nggak mau kan harus belajar tuh, yaudah oke gue belajar. 

Day by day, hari demi hari dari yang pertamanya gue nggak niat sama sekali kok lama-lama hati gue kaya dapet pencerahan gitu.. gue suka baca motivasi-motivasi ujian mandiri, pengalaman jadi mahasiswa sampai tips-tips supaya lolos SIMAK UI. *Psst! ternyata ada lho di google, hehehe.

Well, mulai dari situ gue mantapin hati buat berjuang sungguh-sungguh biar bisa lolos ujian, biar bisa banggain orang tua yang selama ini udah susah payah buat nyekolahin gue. Gue pengen bisa bales jasa mereka, yaa walaupun sampai kapanpun seorang anak nggak bisa membalas jasa yang telah diberikan kedua orang tuanya, tapi menurut gue salah satu caranya ya ini.. dengan bisa lolos ujian & diterima sebagai mahasiswa Universitas Indonesia.

Akhirnya, buat tambahan belajar, gue pinjem buku IPS SMA temen gue tuh 100 lembar lebih gue babat abis, coba pahamin semuanya dan simpen dalam memori otak! (widiihh). Sebulan berlalu, hari demi hari gue pake buat belajar dan nggak lupa juga buat berdoa kepada Allah SWT karena tanpa Dia kita bukanlah apa-apa. Dia-lah Tuhan yang Maha Berkehendak. 

Tiba-tiba udah tanggal 22 Juni aja deh waktunya ujian! Gue berangkat jam 8 tuh karena ujian kemampuan soshum dimulai jam 10. Bismillah, berbekalkan doa kedua orang tua (sumpah kali ini gue niat banget, gue minta doa kedua orang tua gue dari jauh-jauh hari, Terutama dari Ibu gue) dan materi yang udah di kepala, gue bulatkan tekad matang-matang. Gue siap ujian! (Walapun di benak gue sebenernya masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang bikin gue pesimis. Ah tapi nggak masalah. Kalo gue siap menang gue juga harus siap kalah. Lolos atau enggaknya itu urusan nanti, yang penting gue dapet ilmu dan pengalaman! >> itu salah satu kata-kata pembakar semangat yang gue temuin di blog.

 Bel berbunyi tandanya dimulai, matematika dasar dulu nih. Nama sih boleh ya matematika dasar tapi soalnya.... beuhh susah sekaleee dari 20 soal gue bisa ngerjain 2 doang wkwk! Lanjut ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.. alhamdulillah lah yaa gue bisa ngerjain. Bel istirahat. Bel masuk lagi waktunya ngerjain kemampuan soshum, ekonomi, geografi dan sejarah. Nggak ada sosiologi. Bel terakhir tandanya selesai. Gue berhasil ngerjain 26 soal dari 60 soal kemampuan dasar (matematika dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris) dan 25 soal dari 60 soal kemampuan soshum.

Fiuhh, lega juga rasanya udah ikut ujian, sekarang waktunya nungguin pengumuman hasil SIMAK. sebulan guysss, sebulan! bayangin aja dari 22 Juni 2014 sampai 23 Juli 2014! Tapi yaudahlah yaa mau diapain lagi masa iya gue harus demo biar cepet dimajuin pengumumannya?! Kan nggak lucu hehehe. Yaudah.. hari demi hari berlalu, waktu itu pas banget lagi bulan puasa, selain gue bisa lebih mendekatkan diri kita kepada Sang Maha Kuasa, gue juga banyakin doa, tadarus, dan sholat sunnah (biar bisa lolos gitu maksudnya.. hehehe :D) engga kok itu Cuma alasan kedua aja wkwk. 

Tiba-tiba tanggal 21 aja tuh gue deg-degannya ampun-ampunan. Iishh lebay! Nggak kok, ini serius. Deg-degannya malah lebih parah daripada nungguin hasil yang pertama. dua hari lagi pengumuman tuh gue udah bolak-balik nanyain ke Ibu gue gini “Bu, kalo misalnya aku nggak lolos nggak apa-apa kan?” , “Ibu nggak marah kan?”, “Ibu sama Bapak tiap hari do’ain aku terus kan?” lagi.. “yang penting kan aku udah usaha”.. udah tuh sambil harap-harap cemas sekitar sebulanan gue ngomongnya begituuu terusss, asli! Terus, Ibu gue bilang gini “iya yaudah yang penting terus berharap aja tapi jangan terlalu berharap banget. nanti takutnya kalo kamu nggak dapet bisa kecewa berat”. 

Huftt yaudah.. iseng-iseng deh tuh sekitar jam 3an gue buka twitter, ehh pas ngescroll Timeline ke bawah, gue kaget setengah mati!! Soalnya pengumuman hasil SIMAK dimajuin jadi hari ini 21 Juli 2014!! What the heck?! Wehh lo bisa bayangin deh tuh rasanya kaya apaan :$. Jam 6 sore baru bisa dibuka pengumumannya. Tapi mulai dari tiga jam yang lalu gue udah mulai deg-degan akut, tangan dingin, kaki gemeteran.. hah udah deh gue Cuma bisa dzikir doang buat nenangin hati gue. Pukul 17.55.. duh hati gue makin nggak karuan. Udah adzan magrib loh itu. gue pengen buka puasa tapi gue nggak tenang.. pengen nungguin ini takut gue kelaperan terus jadi nggak semangat pas tau gue nggak lolos. Takut kejadian di masa lalu terulang kembali, hiks.

  Ahh yaudah akhirnya gue buka websitenya, gue masukin nomor peserta ujian gue, kaki ampe dingin banget! Kaya mati rasa! Gue takut dapet kata maaf lagi kaya pas buka pengumuman dari U*M. Tapi gue yakinin diri gue kalo apapun yang akan terjadi nanti itu adalah keputusan Allah yang paling paling baik buat gue. Gue coba selalu positive thinking dan percaya itu. Akhirnya gue tekan enter tuh. Nggak berani lihat. Rasanya pengen biar orang lain aja gitu yang buka, gue tinggal dikasih tau nggak apa-apa deh.  

Gue tutup mata. Baca bismillah. Dan pas buka mata tau-taunyaa..... gue dapet ucapan selamat kaya gini!! Alhamdulillah hirobbil alamin terima kasih ya Allah doaku, doa orang tuaku, doa keluargaku dan semua doa orang-orang yang mendoakanku akhirnya Engkau ijabah!! Sontak gue langsung netesin air mata terus sujud syukur..  terharu kan, seneng banget gitu rasanya. sumpah! Nggak percaya aja gitu, berasa mimpi gue!! Gue yang notabennya sangat amat bukan orang jenius, bukan siswa SMA melainkan siswa SMK, nggak pernah ikut intensif buat ujian mandiri bisa lolos SIMAK UI yang soalnya kata temen-temen gue itu soal tingkat dewa!! :”). mulai dari situ gue makin percaya banget sama janji-janji yang Allah buat, bahwasanya Allah itu seperti apa yang hambanya pikirkan. 

Nah, gue mau nih kalian semua adik-adik kelas gue yang mau ikut ujian mandiri bisa berhasil dan diterima di PTN favorit walapun udah sempet ditolak lewat jalur undangan. Jadi gue mau bagi-bagi beberapa tips nih buat kalian. Selamat mencoba dan semoga berhasil! 

Tips yang pertama adalah NIAT YANG SUNGGUH-SUNGGUH. Keinginan aja nggak cukup buat dapetin apa yang kalian mau. Kalian harus punya niat yang bener-bener dari dalam hati kalian untuk mewujudkan impian itu.

YAKIN! adalah tips yang kedua. Nih ya, ada satu pepatah yang bunyinya begini “Anda adalah apa yang Anda yakini. Jika Anda berpikir Anda bisa, Anda pasti bisa. Jika Anda berpikir Anda mampu, Anda pasti mampu”. Menanamkan rasa yakin dalam diri kita sebelum melakukan suatu hal itu berarti kita udah berhasil 50% (berhasil sebelum melakukan karena yakin. Dan 50% yang selanjutnya adalah yakin ketika kalian sudah melakukan hal tersebut).

Oke yang ketiga itu adalah ULET/TELATEN/PANTANG MENYERAH. Kan kadang kita kalo udah buntu ngerjain soal nggak nemu-nemu jawabannya kan bete nih. nah, sekarang dirubah, jangan kaya gitu lagi. Coba pake semboyan “Dig a little more” gali sekali lagi dan gali sekali lagi, atau “Try once again” coba sekali lagi dan coba sekali lagi. Inget nggak ada pertanyaan yang nggak ada jawabannya! Kalian bukan anak SD lagi kalo yg udah kebingungan biasanya ngandelin urutan kancing baju, tapi harus dipikir betul-betul. 

Nah yang terakhir nih PERBAIKI HUBUNGAN DENGAN ORANG TUA DAN TUHAN YANG MAHA KUASA. Poin yang terakhir ini penting banget lho temen-temen. Nggak boleh sampe lupa ataupun nggak dilaksanain. Inget doa yang paling terkabul itu doa dari seorang ibu, karena surga itu berada dibawah telapak kaki ibu. weitss bukan berarti ayah itu ngga penting yah! Salah! Ayah juga orang tua kita! Dia lah yang telah bersusah payah membanting tulang, memeras keringat, dan menjadikan siang dan malam bukan suatu alasan untuk tidak berusaha mencari tambahan untuk menyekolahkan kita! Jadi usahakan hubungan kalian dengan orang tua terjalin dengan baik.

 Selanjutnya hungungan dengan Allah SWT, Sang Maha Rahman lagi Maha Rahim. Dekatkanlah dirimu kepada-Nya karena kamu bukan apa-apa tanpa pertolongannya. Ingat semua yang ada di dunia ini milikNya dan apa yang terjaadi di dunia ini juga atas kuasa dan kehendakNya. Kalo saran gue sih perbanyakin ibadah kaya sholat sunnah, shodaqoh, tadarus, mengucapkan hal-hal yang baik, dan menghindari maksiat. Minta.. keluarkan.. ucapkan. Jangan hanya dipendam dalam hati. Allah itu Maha Mendengar lagi Maha Melihat apa yang tiap-tiap hambanya usahakan. Jadi jangan ragu, nggak usah takut. Allah selalu ada bersama kalian. Kalo kalian dekat sama Allah, Allah akan dua kali lebih dekat sama kita. Ini hal yang udah bener-bener gue rasain selama hampir tiga bulan ini.

Oiyaa tips tambahan sering lah cari informasi dan jangan sungkan buat cari motivasi pembakar semangat!! ^^. Semangat yaa!! Kalian itu generasi muda! Generasi penerus bangsa! Jangan mau terkena tipu daya oleh gemerlapnya dunia fashion dan style semata! Pikirkan untuk masa depan kalian dan masa depan negeri ini! Karena kita satu! Bangsa Indonesia!!!!
 Well jadi gue rasa ini pengalaman dan tips-tips yang bisa gue share sama kalian. Selamat mencoba semoga bermanfaat!

“Gue bisa, gue pasti bisa! Gue lolos, dan gue pasti lolos”, “Dig a little more”, “Try once again” dan “MAN JADDA WAJADA” #KitaUI! Dan semoga ketemu gue di kampus perjuangan!! Hidup UI! Hidup mahasiswa! Hidup rakyat Indonesia!!


Komentar

  1. mengispirasi sekali ceritanya
    jadi tambah semangat ikut simak ui
    doain kak semoga saya juga bisa lolos simai ui

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoho nggak nyangka kalo pengalaman ini bisa menginspirasi! Makasih yaa udah mau mampir, hehehe ^^

      Yosshh! Ganbatte ne! Asalkan kita berusaha dengan sungguh2 dan maksimal insha Allah berhasil. Aamiin masuk UI *,*

      Hapus
    2. Waaah cerita ka susi sama banget nih sama apa yang saya alamin sekarang..
      *sekarang tinggal nunggu hasil tanggal 1july2016 semoga saya bisa bergabung di Universitas Indonesia
      Btw makasih banyak ya ka udah bikin blog ini sekali lagi terima kasih banyak ya ka susi..

      Hapus
    3. Haloo Sony, wah balasannya telat banget nih, maaf ya :&

      aamiin :D terima kasih kembali!

      Hapus
    4. Kaa boleh minta ig / line nya biar bisa berkomunikasi? Aku mau nanya tentang simak ui kakak waktu itu penting banget pliss hehe

      Hapus
    5. boleh tau gak kak penilaian sinak itu gmna,harus jawab brpa gitu benar jumlah soalnya setiap mapel???

      Hapus
  2. Makasih banyak ya mba susi. Pembakar semangat bgt. Saya jadi makin percaya sama diri saya sendiri. Doain sy juga ya semoga lolos simak ui tahun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wohoho iyaa dong anak muda itu harus semangat! Yap, yang namanya percaya diri itu perlu. walaupun terkadang muncul pertanyaan2 yg membuat pesimis, tp kita harus tetap berpikir positif ;)

      Aamiin masuk UI yaaaa

      Hapus
  3. bagus sekali cerita nya mba,sangat menginspirasikan,semoga bisa ketemu mba susi di tahun 2016😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe aamiin. 2016 ketemu yaa di UI. Wah berarti kamu masih kelas dua SMA ya? Hebat udah mau nyari informasi2 tentang dunia perkuliahan, hehe

      Pokoknya harus tetap semangat dan jangan lupa untuk selalu percaya diri! :D

      Hapus
  4. makasih banyak ya kak:) sangat membantu sekali :) aku jadi makin semangat buat menempuh segalanya:) semoga saya bisa menjadi bagian dari keluarga besar UI! Amin!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe sama-samaa
      Terima kasih juga karena udah mau berkunjung di portal pribadiku yang tak seberapa ini :3

      Bener bgt itu, kalau sudah ada keingininan, langkah selanjutnya tinggal melaksanakan dengan keyakinan ^^

      Iyaa semoga bisa menjadi bagian dari keluarga besar UI yaaa. Aamiin ;)

      Hapus
  5. Waw manteplah. btw kemaren jawab brp soal mba? Gue juga 2014 mencoba keberuntungan kembali di SIMAK UI 2015, tapi ya gue ga yakin soalnya susah gile. Btw mau tau dong susunan prodi waktu SIMAK nya. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoho, haloo. sebelumnya makasih karena udah mau berkunjung ke blog ini, hehe.

      duh, jangan pesimis dulu dong, hehe. berpikir positif itu lebih baik. kalau udah usaha kan tinggal berserah diri aja. serahin semuanya sama Yang Di Atas :D

      hhm, tahun lalu kalau nggak salah kemampuan dasar gue jawab 25 soal, kemampuan soshum jawab 26 soal, hehehe

      Hapus
  6. Bacanya sampe nangis. (Lebay banget. Wkwkwk) semoga nular ke aku juga ya kak susi

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo Ruri! sebelumnya makasih ya karena udah mau baca artikel ini, hehehe.

      waduh, bacanya sampe nangis giitu? hehehe.

      iyaa aamiin, semangat positif itu harus ditularkan, hehehe. semangaattt!! ^^

      Hapus
  7. kak kalo boleh tau kaka lolos jurusan apa ya kak? asli saya kagum, soalnya sy juga SMK . tapi kmaren pas simak 2015 ga lolos -_- padahal TKD matdas isi 2 tp yakin , indo inggris hampir isi semua juga yakin. soshumnya juga isi 36 lah kira2 . menurut sy simak kmaren lebih gampang (jauh) dari sbmptn. saya kira sy ditolak karna dr SMK ,eh taunya kaka SMK tp lolos . kan curhat -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo! maaf ya, baru sempat balas, hehe.
      hhm kalau kata teman-teman kakak yg kemarin nyoba simak UI tahun 2015, soalnya emang lebih susah daripada simak UI tahun 2014.
      saran kakak sih, coba kamu belajar lebih giat lagi, yang sungguh-sungguh, terus juga jangan lopa berdoa, dekatkan diri sama Tuhan insya Allah berhasil kok. asal udah berusaha, beroa dan yakin, pasti bisa! semangaaatt!! masih ada tahun depan. jangan putus asa yaa!! ^^

      Hapus
  8. Thanks ya kak
    walaupun kalah tahun ini dan sempat down dan akhirnya baca cerita kakak membuat semangat ku kembali , dan target belajar 1 tahun ini supaya lolos simak UI tahun 2016 amin .

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo... maaf ya baru sempat balaas, hehe.
      iya dek, yang namanya kalah emang nggak enak. tapi, bukan berarti karena kalah lalu jadi nggak berhasil, kalah itu wajar kok, hampir setiap orang pernal ngalamin. yang penting gimana cara kita menyikapinya aja. ingat, yang penting: niat, usaha dan yakin! eits, tapi jangan lupa berdoa yaa. semangaaat ^^

      Hapus
  9. aku anak smk juga ka. terharu banget banget bacanya. doain ya ka sbm 2016. aamiin aamiin ya rabb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo.. maaf ya baru sempat balas, hehe.
      yap! harus semangat yaaa. sebenarnya anak SMA dan SMK itu statusnya sama kalau mau lanjutin kuliah, yanng pentingkan niat dan usahanya, hehehe. semangat yaaa, semoga lolos. aamiin ^^

      Hapus
  10. pengalamannya memotivasi sekali, jadi tambah semangat buat ikut SIMAK tahun depan. wkwk. semoga tahun depan bisa ketemu di UI ya kak! :D Btw, di UI masuk jurusan apa kak? terima kasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo... maaf ya baru sempat balas, hehe.
      wkwk syukur deh kalo bisa memotivasi. iyaa aamiin, semoga bisa ketemu ya, haha. oh, jurusan Manajemen informasi dan dokumen, dek. kalau mau tau lebih jelasnya bisa lihat postinganku yang selanjutnya. ^^ semangat

      Hapus
  11. hai salam kenal
    semoga sukses kuliah di UI yah.
    aku juga lulusan smk dong *eaa curhat*
    sedih nih gagal sbm 2015, mungkin grgr jurusan yg dipilih ga direstuin org tua + kurang persiapan juga hehe
    doain yah sbm 2016 bisa lolos (aamiin)
    tahun depan aku juga mau ikutan simak UI 2016 dong. doain juga yah :)
    anyway cerita kamu inspiring banget <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo Shofie, salam kenal juga.
      Huhu maaf ya baru bales. baru buka blog lagi :')

      kalau bales sekarang udah telat ya? :(
      semoga di SMB 2016 yang kemarin kamu mendapatkan yg terbaik!

      anw, terima kasih karena udah mau mampir di blogku yaa <3

      Hapus
  12. Kalo boleh tahu, kakak alumni smk mana? Jurusan apa? MAsuk ui fakultas apa? Penasaran bangeeet, berharap kakak mau ngepost perjuangan kakak dari awal, kyk macam2 test2nya, apa yg harus dipelajari buat tes, daftarnya, ya gitulah2 biar kita (atau aku) yg buta sm sekali tau: ooooh gitu to...
    Hehe makasih sbelumnya kak, aku jg anak smk kls 2 doakan masuk ui yaaa, baca post kakak semangat jadi membara nih!^^ sukses terus buat kakak;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Ike, Ike maaf ya baru bales :')

      wah banyak nih pertanyaannya. dijawab satu-satu dulu yaa wkwk
      1. alumni SMKN 2 Purworejo, jurusan Adm. Perkantoran
      2. Masuk UI di Program Vokasi, Diploma 3

      waah kalo diceritain semua nanti kebanjangan atuh, dek. bisa lumutan orang yang baca nanti :D garis besar perjuangannya sih kaya yg udh diceritain di atas itu pokoknya.

      terima kasih kembali yaa! semangaat! semoga tahun depan begitu lulus disa diterima di Kampus Kuning <3

      Hapus
  13. aduh ini postingan lama ya mbak tapi iseng2 nemu postingan ini. istg ini postingan memotivasi gue banget huhu pas nyampe bagian capt-annya mbak ketrima guenya sampe nangis terharu semoga nanti kedepan gue juga bisa ketrima kaya mbak amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Matsnaa maaf ya baru bales :")

      adeh, iya nih, Mbak. postingannya udh karatan. udh lama banget :D wkwk
      aduh, masa iya mbak sampai nangis.. saya jadi nggak enak udh bikin mbak nangis :')

      aamiin. semoga bisa diterima di UI juga yaa. semangat terus mbak!

      Hapus
    2. ga nyangka banget mbak sekarang saya udah ketrima di UI TT-TT
      gila gila
      syukur banget

      Hapus
  14. Kak kata kk,kk ngisi kemampuan soshum cuma 26 soal sisanya berarti dikosongin ya?

    BalasHapus
  15. Oiya kak maaf nanya lagi waktu itu soal TPA,TKDU sama tes Soshumnya masing2 ada berapa ya soalnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Humaira.. maaf ya baru balas :')

      iya, waktu itu ngisi kemampuan soshumnya cuma 26, sisanya kosong :D
      kalau tes TPA di SIMAK itu nggak ada, cuma ada TKDU sama TKD aja. masing-masing ada 60 kalau nggak salah.

      semoga membantu yaa. semangaat!

      Hapus
    2. Mbak, mohon maaf, mau nanya, bentuk ujiannya apakah ujian tulis pilihan ganda, essay, atau ujian berbasis komputer, ya? Terima kasih

      Hapus
  16. Terimakasih mbaaa, ini tulisan begitu memotivasi saya untuk terus semangat dan belajar supaya nanti bisa masuk ke ui.
    oke "Dig a little more, try once again and man jadda wa jada" sekali lg terimakasih mbaa doakan saya semoga bisa masuk ui tahun 2016 yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf ya baru balas :')

      terima kasih kembali yaa karena udh mau mampir ke blogku :)
      yaap. semoga diberikan yang terbaik untuk kamu. aamiin!

      semangat terussss ya!

      Hapus
  17. aaahh sugoii'ne shimai! *walau baru pertama kenal \O/ huaa kepingin rasanya-.- padahal baru kelas 2 sma huehuehue :3ka susi? itu soalnya sulit gak? pesimis masuk ui TVT soalnya bukan type jeniuz :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa gomennasai Syamsii baru bales :)
      btw, arigatooo karena udh mau mampir ke sini yaa ^o^

      nggak papa, justru itu malah baggus. kalau bisa emg seharusnya ngumpulin informasi dari sebelum lulus. jadi persiapannya bisa mantap!

      dikerjain yang yakin bisa aja, dek. biar aman ya :) yang penting jangan pesimis

      semangaaat terus!

      Hapus
  18. Kak menginspirasi sekali, serius aku jadi ikut terharu. Terkadang hasil yang indah itu memang diawali dengan perjuangan yang penuh sesak ya kak. Oh ya kak mau nanya deh. Jurusan ipa di ui yg prospek kerjanya terjamin jurusan apa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Dita maaf ya baru balas :')

      iya, mau berhasil itu memang sulit, hiks, tapi kita harus tetap semangat!

      wah, kalau prospek menurut aku semua jurusan bagus ya, hasil akhir kan tergantung dari usahanya masing2.

      kalau dilihat dari tahun ke tahun sih, saintek yg paling banyak peminatnya itu di Fak. Ilmu Komputer dan Fak. Teknik

      Hapus
  19. Wihhh kak menginspirasi bangett
    Tapi aku agak bimbang kak, aku anak ipa sma (karena di sma ku penjurusannya dari kelas 10 jadi aku milih ipa karena kemungkinan masuk jurusannya lebih banyak) nah tapi aku pingin banget kak masuk jurusan psikologi di ui, padahal psikologi di ui itu termasuk rumpun soshum/ips yang notabene lebih mengedepankan anak ips daripada ipa, aku pingin banget kak bisa masuk psikologi walaupun lintas jurusan :(

    Menurut kakak gimana nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo luqman maaf ya baru balas :')

      Hhm, kalau menurut kakak sih selagi kamu memang benar-benar niat di jurusan Psikologi dan yakin bisa ngejalaninnya, ya kenapa nggak dicoba aja? toh, nggak ada salahnya mencoba kan..
      yg penting tetep usaha dan doa. ingat, hasil akhir ada di tangan Tuhan :) apa yang Dia kasih, itu yg terbaik buat kita.

      semangaaat terus!

      Hapus
  20. Makasih banyak ka udh sharing ^^ aku jdi dpt motivasi buat ikut simak ui ^^
    Doa in ya ka ^^ hehe
    Moga ntar kita bisa ketemu di ui ya ka ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Ulya maaf ya baru balas :')

      terima kasih kembali karena udh mau mampir ke sini :)
      aamiin semoga bisa diterima di UI yaa

      semangaaat terus!

      Hapus
  21. kak cerita memotivasi sekali, klu boleh tau jumlah seluruh soal soshum yg kakak jawab brp? terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf ya baru balas :')

      terima kasih kembali karena udh mau mampir yaa :)

      soshum yang terjawab ada 26 hehe :D

      Hapus
  22. Semoga bisa lolos di UI saya pun dari SMK dan Insyaallah mengikutu jejaknya mbak susi #KITAUI

    BalasHapus
  23. Semoga bisa mengikuti jejaknya mbak susi lolos di UI #kitaSMK #SMKBISA #KITAUI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Adef maaf ya baru balas :')

      aamiin. semnagat semangat semangaaaat!

      Hapus
  24. mba susi mau tanya dong ,,,
    nama saya lery .. saya pengen sekali ikut simak ui kebetulan ini kesempatan terakhir saya bisa ikut simak untuk yang ujian reguler ,,, setelah saya cek linknya beberapa hari lalu katanya ujian tulisnya tanggal 5 juni, dan waktunya bener bener mepet sama tutup buku di perusahaan tempat saya bekerja (tutup bukunya tanggal 6-7 dan saya di pekan baru) saya ingin sekali ikut ujian, pertanyaannya ujian simak ui di laksanakannya dari jam berapa sampai jam berapa ya mba? jadi selesai ikut simak saya bisa mengejar tugas saya di tempat kerja, mohon bantuannya mba, terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Lery maaf ya baru balas :')
      sekali lagi saya mohon maaf, karena baru ngebuka blog lagi :")
      semoga apa yg kemarin udh kamu lakukan itu yg terbaik ya. aamiin.

      kalau tahun saya ujian untuk soshum itu siang, sekitar jam 10-13

      maaf ya baru bales >.<

      Hapus
  25. Aduh jadi semangat nih mau ikut SIMAK UI , nama kita sama sama ambar , semoga aja sama beruntungnya hehe :D semoga bisa jadi juniornya mba susi ambarwati di UI amin yaallah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Ambar maaf ya baru balas :')

      wah iya, nama kita sama!
      aamiin. semoga bisa diterima di UI yaa.
      semngat terus ya sesama ambar! hehehe

      Hapus
  26. mbak soalnya ada TPA juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Sifit maaf ya baru balas :')

      Kalau di UI nggak ada TPA. Cuma ada TKDU dan TK Soshum/Saintek

      Hapus
  27. wah kak ga disangka haha aku mau nanya dong kak, btw waktu daftar SIMAK UI, susunan prodi yg kakak pilih apaaja? hehe thanks:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Sarah maaf ya baru balas :')

      Susunan prodi yang ku ambil:
      1. MID
      2. Adm. Perpajakan
      3. Pariwisata

      Hapus
  28. Kak, terimakasih banget ya, tulisan lo udah bikin polapikir gue selama ini berubah.. Gue awalnya org yg mau nya 'realitis' aja deh.. Eh tau nya gue salah selama ini, berfikir yg over-relalistis tuh malah buat lo jadi org yg mundur ke belakang. Sekali makasih ka! Doakan gue ya, gue juga pgn keterima di UI kayak lo. Ga ada yg ga mungkin kan ka. Sukses selalu ya ka btw, sangat menginspirasi! :) #KitaUI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Sajda maaf ya baru balas :')

      Iya bener. kalo kita over-realistis itu bikin kita diam di tempat, nggak maju-maju. makanya, sekali-kali coba berpikir inrealistis. kan nggak ada yg nggak mungkin :)

      yap. semangaat terus ya! semoga diterima di UI aamiin

      Hapus
  29. Wah hebat ka susi, saya juga dari smk nih. 1 tahun lagi harus siap masuk SIMAK UI, jadi semangat setelah membaca artikel ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Alam maaf ya baru balas :')

      kamu juga hebat kok selagi mau terus berusaha! terima kasih karena sudah mau mampir ke sini,

      semangat terussss!

      Hapus
  30. Wahh.... Bagus banget kak. Semoga semangat dan niatku udah benerbener ya. Semoga ketemu di UI kak. Terimakasih untuk semangat dan tips nya. Minta doa untuk kelancarannya biar bisa lolos SIMAK 2016 ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Nessa maaf ya baru balas :')

      Wahh.. terima kasih juga karena udh mau mampir ^^
      aamiin. semangat terus. semoga apa yg diberikan olehNya itu yg terbaik buat kita!

      Hapus
  31. Sangat-sangat memotivasi ka. Keren deh pengalaman dan perjuangannya, patut diacungi jempol :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Dwi maaf ya baru balas :')

      wah terima kasih karena udh mau baca artikel ini ya!

      Hapus
  32. Blog yang sangat memotivasi.... jadi semangat lagi gw blajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Deska maaf ya baru balas :')

      Wih, semangat belajar harus dong!
      semangat terooss!

      Hapus
  33. informasi menarik
    tips lolos simak ui sekarang
    terima kasih infonya

    BalasHapus
  34. Sukses teru ya kak, makasih buat pengalamannya.. cukup menginspirasi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Sadam maaf ya baru balas :')

      terima kasih ya udh mau mampir :D
      sukses juga buat kamu!

      Hapus
  35. kakak masuk pilihan ke berapa ya? hehe thankyou

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf ya baru balas :')

      Alhamdulillah di pilihan pertama, dek :)

      Hapus
  36. Semoga apa yang saudari susi ambarwati alami inj terjadijuga di hidup saya. Jujur udah hopeless bgt tapi saya percaya kalau usaha gak akan mengkhianati hasil. Gak selamanya yang pinter yang bakal lolos. Mohon doa kak semoga saya bisa jadi keluarga ui juga hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Kamal maaf ya baru balas :')

      Aamiin. memang yg namanya usaha nggak selalu berjalan mulus. tapi, kalau kita berhenti usaha kapan kita bisa berhasil?

      semangat terus ya!

      Hapus
  37. termotivasi bgt kakk! h-4 simakk semoga masukk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo sbzbl, salsabil maaf ya baru balas :')

      aamiin. semoga hasil yg diberikan kemarin adalah yg terbaik buat kamu1 ^^

      Hapus
  38. Alhamdulillah aku ketemu kisah inspirasi kayak gini, 3 hari lagi aku ikut SIMAK UI 2016 kak! aku juga lagi pesimis banget soalnya aku ga ikut bimbel, cuma belajar sendiri. merasa tertinggal dari yang lain, merasa gue cuma kebanyakan do'a. merasa dikejar-kejar waktu. tapi gue emang niat banget masuk UI karna gue pengen jadi diplomat. ga bisa dipungkirikan alumninya UI ngebantu banget buat juniornya yang mau masuk kerja, apalagi dengan label UI, jarang gitu yang ngelewatin. makanya aku pengen banget masuk Hubungan Internasional Universitas Indonesia, aku pengen lebih berkembang, seperti yang kakak bilang, kalo di UI kita punya konektivitas yang lebih luas, dan aku juga ingin mandiri, tangguh dan kuat, kalo bareng orang tua terus aku sering manja soalnya anak bungsu hehehe, jadi pengen belajar buat lebih memperkuat mental, buat menghadapi dunia yang lebih luas dan lebih kejam(?) hahaha pokoknya makasih tulisannya kak! sangat menginspirasi, doain aku ya ujiannya lancar dan lulus SIMAK UI amiinnnn.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Tania maaf ya baru balas :')

      aamiin. Dunia luar sana memang lebih kejam (?) siapin mental yg kuat ya :"
      semoga hasil yg kamu dapet kemarin adalah hassil terbaik yang diberikan Tuhan. aamiin

      Hapus
  39. kaa mau nanya dongg, waktu tes simak kartu peserta nya di kumpulin ke pengawas nya atau kita simpen? terus nanti dikasih pas daftar ulang lagi gitu? makasiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Mine maaf ya baru balas :')

      kalau waktu itu kartu peserta disimpan aja. nanti pas daftar ulang baru dibawa :)

      Hapus
  40. Cerita kaka luarrr biasaaa, ohiya hari ini 4 juni 2016. DOain saya kak biar bisa masuk di MANAJEMEN UI di tahun 2016 ya kaakk.....
    AAMIIN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Rizki maaf ya baru balas :')

      aamiin. terima kasih. terima kasih hehe.
      semoga hasil yang kemarin kamu dapatkan adalah hasil yang terbaik yaa!

      Hapus
  41. hai kak, menginspirasi banget pengalamannya. aku juga sama anak SMK juga, tadinya gapede banget ikut SIMAK UInya. Tapi sekarang udah mantep buat ujian besok.. Semoga bisa ketemu di UI ya (Aamiin), sukses terus ya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Marsya maaf ya baru balas :')

      Aaamiin aamiin, terima kasih ya udh mau mampir. Yap, walaupun kita dari SMK, tapi kita nggak boleh pesimis. buktikan kalo SMK itu bisa! hahaha

      sukses terus juga buat kamu ^^

      Hapus
  42. Balasan
    1. Haloo Her maaf ya baru balas :')

      #GUECINTAUI juga

      Hapus
  43. aku terharu banget bacanya kak huhuhu:') sangat memotivasi aku banget, makasih ya kak:') kalo boleh tau kakak jurusan apa di SMK nya? thank youu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Raissa maaf ya baru balas :')

      huhu:') makasih yaa udh mau baca.
      jurusan Adm. Perkantoran :)

      semangat terus yaaa

      Hapus
  44. Balasan
    1. Haloo Alif maaf ya baru balas :')

      Iya nih, saya ambil Vokasi :)

      Hapus
  45. Kak susi saya lulus tahun 2016 ini, juga dari smk susahnya nyari sekolah. saya nggak ikut snmpt dan sbmptn sengaja karena minim informasi yg masuk ke smk. tapi ikut ujian mandiri di salah satu kampus di surabaya tapi pas saya buka pengumuman mereka minta maaf *hiks (nggak lolos) setelah itu saya mulai berfikir mau masuk ke PTS aja tapi tak fikir2 lagi kalau nurutin gengsi nggak kuliah cuman ikut2an biar bisa update kya tmen2 palingan juga gagal saya kak soalnya saya juga bukan anak jenius yg bisa belajar 1 jam lancar jaya hehehe, jadi tak urungkan niatku buat kuliah tahun ini kak susi. Nha berkat baca postingan kak susi, bikin saya semangat buat belajar lagi hehe Insyaallah tahun 2017 mendatang saya mau ikut simak ui juga. Semoga bisa ketularan kak susi yaa
    #makasihkaksusi 😃

    BalasHapus
  46. Kak susi aku komentar eh salah di kolom orang tak ulang lagi deh kak curhatanku hehehe
    Kakak aku lulus tahun 2106 ini nggak ikut snmptn juga sbmptn karena kurang informasi kebetulan saya juga smk kak, tapi saya ikut ujian mandiri di salah satu kampus di surabaya memang niatku mungkin kurang tak imbangi dengan belajar kak karena tanpa belajar saya juga nggak bisa tiba2 jenius hiks dan saya dengan pd bukak pengumuman *jleep mereka malah minta maaf (nggak lolos) hihiii betapa hancur hatiku kak padahal ini kesempatan terakhir bisa masuk PTN , sempat terlintas mau masuk ke PTS tapi tak fikir2 lagi kalau buru2 nuruti gengsi gak kuliah palingan juga aku gagal lagi akhirnya tk urungkan niatku buat masuk tahun ini, berkat postingan kak susi saya jadi punya semangat kuliah di UI juga, insyaallah tahun 2017 mendatang saya ikut tes di ui kak semoga bisa ketularan kak susi 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Aviv va! maaf ya baru bales, hiks :''

      waa sebelumnya makasih ya karena udah mau mampir ke sini, hehe.
      nah, senasib banget kita! dulu aku juga gitu. minim banget informasi yang masuk ke sekolah sampai akhirnya nggak ikut snm dan sbm.
      nah! aku setuju banget sama semangatmu. belum lolos itu mungkin karena rejeki mu bukan di situ, tapi di tempat lain. nggak lolos di situ bukan berarti kamu nggak bisa lolos di tempat lain. inget, selalu ada 'pintu' baru untuk diketuk. terus masalah masuk PTS juga itu bener banget. kalo cuma nurutin gengsi doang, bisa-bisa kuliahnya juga ogah-ogahan, aslias nggak semangat.
      sambil nunggu sbm dan ujian mandiri tahun depan, lebih baik satu tahun ini dipergunakan buat banyak belajar dan tawakal sama Allah. insya Allah ada jalan kalau kita niat sungguh dan yakin.

      semangat terus yaaa. semoga tahun depan bisa masuk PTN yang diidamkan. aamiin :)

      Hapus
  47. kereeeen kaka :) Menginsiparasi sekali.. Aku mau masuk UI Geologi kaa.. doakan yaa tahun 2017 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo Deff! maaf ya baru bales :''

      btw, sebelumnya makasih lho karena udah mau mampir ke sini, hehe.
      aamiin. semoga bisa jadi bagian dari "the yellow jackets" yaa Deff! jangan lupa usaha dan berdoa!

      semangat terussss

      Hapus
  48. Kak mau tanya kak, jurusan nya kakak MID itu bagaimana perkuliahan nya kak? Trus prospek kedepannya itu lebih ke bidang apa ya kak pekerjaan nya? Hehe terima kasih kak, btw ini artikel nya menginspirasi sekali kak aku pernah nyoba simak ui tapi gagal dan karena baca ini aku jadi termotivasi lagi. Terima kasih ka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Fitri! maaf ya baru balas :"
      Sebelumnya makasih banget karena udah mau mampir, hehe. Nah, buat tau jurusan MID lebih lanjut, kamu bisa baca postingan aku. Di situ udah dibahas sedikit tentang MID.

      Semangat terusss yaa! ^^

      Hapus
  49. Hebat Sekali Kak :) Saya Membaca pengalaman kakak bikin saya jadi terharu membuat air mata ku menetes dan menginspirasikan sekali.. walaupun dari smk saya juga dari smk :) Saya mau masuk UI FISIP Hubungan Internasional kaa.. doakan saya ya di tahun 2018 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Dimas! maaf ya baru balas :"

      hahaha, iya. tapi, menetesnya jangan terus-terusan ya. nanti dikira ada yang nggak beres wkwk.

      aamiin. semangat terus Dimas! jangan lupa usaha dan doa ya ^^

      Hapus
  50. Menginspirasikan sekali kak sampai air mataku menetes saat membaca pengalaman kakak :) aku juga ingin masuk UI
    fisip HI ( Hubungan Internasional ) kak.. doakan ya di tahun 2018 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Dimas ^^
      wah, maaf ya balasannya telat gini, hehe.

      terima kasih sudah mau mampir! semangat terusss yaaa! aamiin! ^^

      Hapus
    2. Iya tidak apa apa :-) kak terima kasih banyak sudah memberikan saya semangat

      Hapus
    3. Maaf kak itu saya waktu itu saya ngirim dua komentar dengan jam yang berbeda mohon dimaafkan kak

      Hapus
  51. Subhanallah menginspirasi bgt kakkk! Terlebih aku jg anak smk yg rada pesimis bisa lolos sbm/simak. Mohon doanya ya kak susi supaya tahun depan bisa satu almamater hhehehe amiinn, waahhh jdnya aku pengen ketemu langsung sm kasusi dehhh..

    BalasHapus
  52. Halo kak susiii!! Terimakasih loh tulisannya:)) jd semangat hehe. Doain ya kak semoga aku bisa masuk FKG UI, Aamiin. tp sedihnya ga dibolehin papa:( bismillah aja deh:( apa gmn ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Saskia!

      Iya, sama-sama, hehe. Aamiin. Semangat terus yaa!! ^^

      Hapus
  53. aku sampe nangis bacanya, do'ain ya semoga tahun ini aku bisa jadi salah satu keluarga UI

    BalasHapus
  54. Subhaanallaah! Inspiring banget pengalaman kaka :)
    Bismillaah taun ini aku mau nyoba ikut Simak UI, doain ya kaa ;)

    Kaka di UI jurusan apa dan pas SMK juruasan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Ulfa!

      aamiin! semangat ya!
      di UI jurusan Manajemen Informasi dan Dokumen, itu Program Vokasi. SMK jurusan Administrasi Perkantoran

      Hapus
    2. saya ngga tahu kenapa tapi nyentuh banget di hati terimkasih ka!!!

      ka saya mau nanya tesnya tentang apa aja pas kk tes?
      contohnya: TPA mungkin

      Hapus
  55. Ya allah nangis baca ceritanya😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Cahvvy! maaf ya baru balas :D

      wah, ya jangan nangis atuh :D semangat! hahaha

      Hapus
  56. Mantap sekali Kak ulasannya saya jadi termotivasi, Oiya kak boleh mintak kontak nya ? BBM atau Line atau Instagram ? Mau belajar banyak nih dari kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Ahmad! maaf ya baru balas :D

      wah, terima kasih ya karena udah mau mampir ^^. bisa via email di susia2162@gmail.com

      Hapus
  57. Aku baru kelas 1 SMA, tapi aku sgt bercita-cita dpt mlanjutkan sekolah di UI, apa nih! yg harus aku prsiapkan matang2. Beri saran nya donk kak!.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Syahril! maaf ya baru balas :D

      banyak kok yang bisa dipersiapkan. kalau belum tau mau masuk jurusan apa, bisa diliat dulu passion kamu ada di bidang apa, nanti masuk jurusan yang sesuai. nah, kalau misalnya udah tau, ya berarti tinggal usahanya. banyak belajar, banyak cari informasi dan jangan lupa minta doa dari keluarga, terutama orang tua. semoga membantu ya :D semangat!

      Hapus
  58. Hai kak Susi, saya masih ga ngerti sama simak ui nih u,u kok kalo gasalah ada yang reguler, paralel, vokasi, dll itu maksudnya gimana ya kak? ada passing grade juga ga di jelasin?
    makasih, ceritanya sangat menginspirasi xoxo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Kotori! maaf ya baru balas :D

      Reguler, pararel, vokasi, kelas khusus internasional dll itu jenjang pendidikan yang akan diambil melalui tes SIMAK UI. nah, kalau kamu mau tau ebih lanjut tentang jenjang pendidikan itu dan passing grade-nya bisa banget buka website http://penerimaan.ui.ac.id ^^
      terima kasih kembali udah mau mampir ke sini! xoxo

      Hapus
  59. kak sumpah bikin makin semangat banget, soalnya kemarin2 sempet pesimis karna SIMAK UI 2016 aku belum lolos dan menurutku soalnya susah walaupun aku udah belajar mati2an rasanya kaya masih kurang banget:") semoga bisa nyusul kakak di UI, ya...AAAMMIIINN YA ALLAH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Amanda! maaf ya baru balas :D

      wah, sebelumnya makasih ya udah mau mampir ke sini ^^
      iya, kadang usaha aja juga nggak cukup. harus dibarengi doa. coba dilihat lagi, mungkin salah satu aspeknya bisa jadi ada yang kurang :D semangat terus yaa!! usaha nggak pernah mengecewakan hasil ^^

      Hapus
  60. Kaa boleh minta ig / line nya biar bisa berkomunikasi? Aku mau nanya seputar simak ui penting banget kaa plis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Arya! maaf ya baru bales :')
      IG @susiambrwt

      Hapus
  61. doakan juga kami yang sedang berjuang kak...
    btw artikel kakak keren abis...
    sukses selalu buat kakak...

    BalasHapus
  62. kak kalo boleh tau kakak fakultas apa yaah? hehe makasih sebelomnya ceritanya sangat menginspirasiii

    BalasHapus
  63. Thank you kak this has been my inspiration lho :") hari ini pengumuman SIMAK UI 2017 jam 15.00 tadi. Pesimis tp hrs optimis dan percaya pasti Tuhan kasih yg terbaik. Puji Tuhan saya lolos simak ui tahun ini kak!!! Thx for inspiring :") so glad I found this

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah!

      semangat Ratu!! optimis terus ya

      Hapus
  64. thanks banget ka menginsprirasi banget! aku emg lagi butuh dorongan biar aku tambah yakin dan pede kalo aku bisa masuk UI. btw aku anak smk juga loh, thank you so much!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Clara maaf baru bales ya :')

      sip! semangat terus ya!!

      Hapus
  65. Alhamdulillah kak. Aku keterima Akuntansi UI (2017) dari jalur SIMAK.
    Cerita kakak menginspirasi. Tp aku hanya bs baca tulisanmu.
    Aku juga keterima Akuntasi jalur Mandiri Penmaba UNJ.
    Sama keterima Akuntansi juga di UPN Veteran Jakarta.
    ALLAH baik banget kak. Makin cinta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah!!

      Allah itu emang Maha Baik kan? :D

      Hapus
  66. sedih bacanya , udh yakin pengen masuk sama temen di jatohin rasanya sedih

    BalasHapus
  67. udh yakin masuk ui eh temen malah ngerendahin "lo ga bakal masuk " sedih rasanya , padahal kehendak allah gaada yang tau
    memang belum terlalu banyak ilmu yg di dapat tapi sekarang ga yakin

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo Diana!

      wah semangat dong! yang kayak gitu harusnya dijadiin motivasi buat diri kita. Biar Allah yang bantu! :)

      Hapus
  68. Kaka belajar dati soal simak taun lalu atau cuman materi aja yg di pelajarin? Soalnya ada yg blg soal simak mirip bgt sm soal tahun sebelumnya hehe makasih kaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, maaf ya baru bales :')

      aku dulu pernah ikut semacam simulasi SIMAK gitu. tapi kayaknya nggak terlalu ngebantu deh hehe. kalo mirip kayaknya iya :D

      Hapus
  69. Terima kasih banyak kak ceritanya yang menginspirasi saya disaat saya lagi down dan kehilangan semangat, dari tulisan kakak saya belajar banyak hal, tetap menginspirasi dengan menyalurkan cerita pegalamannya ya kak :) Sukses terus buat kakak! Mohon doanya ya kak agar lolos tahun ini SIMAK UI

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo maaf ya baru bales :")

      makasih yaa. aamiin aamiin kamu yang semangat terus!!

      Hapus
  70. Kaka dulu ngikut tes SBMPTN engga ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo fitri, maaf ya baru bales :')

      enggak ikut aku fit. hhee

      Hapus
  71. Gua.. Suka banget blognya kak. Menginspirasi dan memotivasi. I like.
    Perjalanan hidup kakak betul betul buat saya terharu. Mudah mudahan bisa dipermudahkan amiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo Roni, maaf ya baru bales :')

      makasih lho hehe. aamiin. kamu juga ya!

      Hapus
  72. Gua.. Suka banget blognya kak. Menginspirasi dan memotivasi. I like.
    Perjalanan hidup kakak betul betul buat saya terharu. Mudah mudahan bisa dipermudahkan amiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, makasih ya Ron udah mau mampir. Semoga bermanfaat dan semoga dipermudah. Aamiin 😁

      Hapus
  73. Subhanalloh.. Ikut terharu.. Ikut deg deg dan nangis jg bacanya.. Tengkyu sharingnya mb.. Yg sdg ikut simak UI ank pertamaku ini.. Setelah dpt ucapan Maaf jg dari U*M😂 dan ini moment2 kritis menunggu pengumuman simak UI, emaknya ikut deg2 dan iseng2 buka dpt tulisan ini
    Nice.. Good sharing🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maa syaa Allah. Semoga dapat hasil yang terbaik ya Bu.. aamiin

      Makasih udah mampir 😁

      Hapus
  74. Terima kasih untuk ceritanya yg sangat menginspirasi kak.
    Doain ya kak semoga nular juga lulusnya wkkwkw
    btw bsk pengumuman simak kak,mohon minta doanya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali 😁

      Aamiin. Semoga hasilnya yg terbaik yaa. Semangat!

      Hapus
  75. Seriusan aku terharu bacanya, ,wish me luck semoga bisa kaya kaka lulus simak ui:" aamiin, ,btw akupun anak smk,bener bener inspirasi bgt, makasi kak, sukses slalu ya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maa syaa Allaah, alhamdulillah. makasih yaa udah mau mampir. sukses juga buat kamu Risma :D

      Hapus
  76. Menginspirasi banget kak, sukses terus kedepannya. Doain kak agar saat Sbmptn nanti aku bisa masuk UI, walaupun baru kelas 1 SMA.wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaah. aamiin, aamiin semoga dimudahkan jalannya. sukses juga buat kamu! :D

      Hapus
  77. Makasih kak memotivasi skali sebelumnya, kak saya mau nanya. Kan kk jawabnya 26 doang tapi kok bisa lulus (secara logika) dari 60 soal?Apakah memakai sistem poin kalau 1 nomor salah= - 1, tidak diisi= 0, dan kalau benar = 4 ?
    Lalu, maaf saya mau nanya lagi kak😁😁. Apakah jurusan yg diambil sesuai tes yg diambil? soshum ataupun saintek? Trimakasih byk kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa betul, pakai sistem penilaian seperti itu :D

      iyaa, kemampuan tesnya soshum/saintek disesuaikan dgn jurusn yg akan dipilih :D

      Hapus
  78. Kakak jurusannya apa di UI?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dulu namanya Manajemen Informasi dan Dokumen, tapi kalau sekarang udah ganti jadi Manajemen Rekod dan Arsip :D

      Hapus
  79. Terimakasih kaa ceritanya sangaat memotivasi sekalii, aku sudah pesimis aku tidak akan bisa jdi mahasiswa UI, tpi setelah membaca blog kakak aku jdi semangaat untuk ikut simak ui, semogaa tahun ini aku bisa masuk UI aamiin #kitaUI

    BalasHapus
    Balasan
    1. maa syaa Allaah, alhamdulillah. makasih yaa udah mau mampir. sukses juga buat kamu :D

      Hapus
  80. Ka minta ig atau wa dong ...buat info lebih lanjut hikss :')

    BalasHapus
  81. Makasih kak ceritanya, menginspirasi banget, jadi semangat menghadapi simak UI 2019, doain ya kak, ngomong" saya juga dari purworejo:v,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. maa syaa Allaah, alhamdulillah. makasih yaa udah mau mampir. sukses juga buat kamu aamiin :D wih samaan dong kita

      Hapus
  82. Terimakasih kakk, ceritanya menginspirasi banget, jadi lebih semangat menghadapi simak UI 2019, doain ya kak semoga lolos, ngomongg" saya juga dari purworejo:v

    BalasHapus
  83. Terimakasih banyak kak motivasinya
    semoga kak susi diberi kesuksesan oleh Allah SWT amin🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. maa syaa Allaah, alhamdulillah. makasih yaa udah mau mampir. sukses juga buat kamu :D

      Hapus
  84. Assalamu'alaikum , salam kenal ka. Saya jg dr smk, percaya diri saya minim. Tips jadwal belajarnya dong ka😊 makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalam Uswa 😁

      Wah harus optimis dong, kan ada Allaah, hehe.

      Tips belajar?
      Kalo aku biasanya setelah membaca harus ditulis ulang, bikin semacam rangkuman gitu. Biar lebih nempel di otak wkwk. Trus, di tempat sepi, ditemenin sama kopi.
      Tapii, yg lebih penting... Sebelum belajar berdoa dulu ke Allaah, minta ditambahkan ilmu yaa 😁

      Hapus
  85. Makasih kak motivasinya, saya ketemu blog ini habis down ngerjain soal fisika simak ui:') dan cerita kakak buat aku semangat lagi. Doakan saya lulus kedokteran ui ya kak...!! #H-14 #kitabisa #kitaui :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Frendy, makasih jugaa karena udh mau mampir!

      Yok, semangat terusss! 😁

      Hapus
  86. wah terharu aku bacanya ka, btw kaka belajar untuk simak ui dari buku apa ka? soalnya aku lg mau ikut juga aku baru daftar diakhir karna nunggu pengumuman sbmptn, dan gatau mau belajar dari mana dan testnya brapa minggu lagi :(((

    *maaf curhat hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa kalo aku dulu pake kamus lengkap ips wkwk lupa juga sih namanya. Tp itu rangkuman materi kelas IX-XII

      Hapus
  87. Ka, saya mau masuk UI lewat simak. Doakan ya ka :) saya juga siswa SMK pejuang PTN. Makasih banyak inspirasi dan motivasinya. Minggu depan saya mau ujian. Makasih ka.. Udah bikin semangat saya naik lagi setelah pengumuman sbmptn kemarin dinyatakan gagal. Saya yakin Allah maha baik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maa syaa Allaah, alhamdulillah. makasih yaa udah mau mampir. sukses juga buat kamu :D Allaah Maha Baik

      Hapus
  88. makasih motivasinya kak
    semoga keterima ya tuhan amin!!

    BalasHapus
  89. Hallo ka susi:)
    Saya smk ka, iseng2 search google, 'apakah bisa lulus simak ui?' eh muncul blog kaka yg paling atas. Ternyata sungguh menginspirasi saya ka. Saya juga ikut simak tgl 21 nanti. Semoga dapat mengikuti jejak kak susi. Wish me luck!

    BalasHapus
  90. Menginspirasi banget kaka, aku juga lulusan SMK mau ikut simak UI, awalnya aku minder banget sekarang aku pengen buktiin kalo aku bisa

    BalasHapus
  91. Makasih Kak Atas Tips, Pengalaman, Dan Semangatnya... Semoga Allah Lancarkan Kakak Dalam Segala Urusan Dan Membalas Kebaikan Kebaikan Kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. maa syaa Allaah, alhamdulillah. makasih yaa udah mau mampir. sukses juga buat kamu :D

      Hapus
  92. Doain aku semoga aku lolos di simak ui dan keterima di fakultas akuntansi kaa!!!

    BalasHapus
  93. Permisi mba ambar, saya punya background smk juga dan sebelumnya juga sudah lulusan S1 dari PTS, namun saya berniat ambil S1 lagi di UI lewat jalur SIMAK S1 Paralel yang tidak ada batasan tahun pendaftar, yang saya liat di blog mba disitu mba mengatakan bahwa mba dari 60 soal TKD hanya bisa jawab 26, dan dari 60 soal Soshum jga hanya bisa jawab 25 ... yang saya bingung kok bisa??
    Kalo boleh, saya ingin sekali dapat banya input sharing masukan lebih detail dari mba tentang bagiamana cara menaklukan SIMAK UI ini... apakah mungkin caranya seperti ikut bimbel intensif, atau ada strategi lain lain yg lebih teknis dan detail??
    Saya sempat ikut dengan berhasil menjawab seluruh soal namun anehnya malah tidak lulus, makanya saya bingung daripada itu...
    Mungkin mba bisa berkenan membantu... terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuu cara menaklukkan ya? 😂😂 Ga ada sih, karena itu juga bukan usaha saya sepenuhnya. Ada kuasa Allaah di sana. 😁

      Hapus
  94. Dulu belajar SIMAK UI berapa bulan kak?,,,, saya juga dari SMK kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Ali 😁 maaf baru balas.

      Hhmm berapa bulan ya? Seinget ku sih yg intensif banget itu sekitar sebulan. Yg tiap hari belajar yaa.

      Hapus
  95. Makasih ka udah bikin cerita yang memotivasi, nangis aku bacanya inget sama orang tua aja, semoga bisa membahagiakan mereka. Saya juga dari SMK pas banget ceritanya. Semangat ka bikin blognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Dhayu 😁 maaf yaa baru balas.

      Alhamdulillah. Makasih juga buat Dhayu karena udah mau mampir hehe. Semangat terusss!

      Hapus
  96. Ya Allah ini menginspirasi sekali, aku terharu bacanya. Doain aku bisa lolos simak ui tahun ini ya kak. Aku anak smk juga hehe😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo 😁 maaf yaa baru balas.

      Alhamdulillah kalo bisa menginspirasi. Semoga ada hal baik yg bisa diikuti yaa.
      Aamiin semoga Allah mudahkan segala urusannya. Semangaaaaat!

      Hapus
  97. Sumpah kak ceritanya menginspirasi bgt jadi semangat lagi buat belajar masuk UI

    Bileh Minta ig atau wa nya enggak kak buat nanya"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Grand 😁 maaf yaa baru balas.

      Alhamdulillah kalo bisa menginspirasi. Semangat terusss ya!

      Boleh mampir ke @susiambrwt

      Hapus
  98. Waduu kak aku lagi pesimis bgt buat lolos simak UI karna dari SMK. Tapi abis baca tulisan kakak, aku jadi semangat. Doain aku lulus simak UI tahun ini ya kak hehe��

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara ke Hutan Mangrove naik kereta dan busway

Pengalaman Magang di Perpustakaan